Latihan Listening Bahasa Inggris SMA SMK MA SMP SD TOEFL TOEIC ESL

Monday, September 23, 2019

Latihan Soal Listening UN SMK - Berapa Skormu?

Agar mendapat skor tertinggi dalam Ujian Nasional terutama listening SMK, cara tercepat adalah berlatih soal listening UNKP atau UNBK SMK tahun-tahun sebelumnya. Perlu diketahui dalam soal listening bahasa inggris smk ktsp itu sangat berbeda dengan soal listening SMA MA. Kalau soal SMK lebih mirip dengan TOEIC sementara materi listening sma kelas xii sangat mirip dengan TOEFL. Sebenarnya dari tahun ke tahun apakah itu soal listening smk 2014, atau soal listening un smk 2016, dan juga listening un 2018 hampir sama saja.

Karenanya hal yang perlu dimiliki dalam berlatih soal listening SMK ini, agar mendapat skor tertinggi, adalah soal listeninngnya, file soal audionya, traskrip audionya, dan tentu kita juga harus memiliki kuci jawaban dari soal tersebut. Dalam belajar listening section soal bahasa Inggris SMK harus meliputi 4 macam soal, yaitu:
  1. Part I Pictures
  2. Part II Questions Responses
  3. Part III Short Conversations
  4. Part IV Short Talks
Untuk bagian pertama, SOAL GAMBAR, antara SMK dan SMA agak berbeda. Kalau soal listening SMK gambar yang ada disoal dicocokkan dengan pilihan ganda berbentuk audio yang harus didengarkan. Sementara pada soal listening SMA dan MA, gambar terletak di pilihan ganda yang harus dicocokkan dengan soal audio yang harus didengarkan.

Untuk bagian II Questions Responses, bagian III Short Conversations, dan bagian IV Short Talks hampir sama saja hanya berbeda dengan jumlah jawaban pilihan ganda yang diberikan. Dalam soal soal listening bahasa inggris SMK diberikan 3mpat pilihan ganda A, B, C, D sementara soal listening SMA dari tahun ke tahun pilihan gandanya ada lima terdiri dari pilihan A, B, C, D, E.

Dalam aplikasi listening unbk baik SMK atau SMA terjadi pengacakan urutan soal dan jawaban pilihan gandanya, sehingga dalam test online ujian nasional bahasa inggris smk, urutan Part I, Part II, Part III, Part IV tidak berlaku lagi. Untuk itu agar bisa menjawab soal ujian nasioanl listening bahasa Inggris berbasis komputer (UNBK atau CBT) kita harus sangat mengenal bagaimana model soal Part I tentang Picture, Part II tentang Question and Response, Part III Short Conversation, dan Part IV tentang Short Talk tersebut.

Untuk itu dibawah ini diberikan latihan unbk bahasa Inggris VERSI smk tahun 2016. Perhatikan model soal stiap PART nya agar tidak bingung ketika diacak pada saat ujian nanti. Kerjakan dengan baik dan coba dapatkan skor tertinggi alias benar semua 15 soal listening!!!

Ketika latihan dan sudah download soal un bahasa inggris dan masih terasa sangat sulit maka dibutuhkan transkrip listening un smk tersebut. Kalau diperhatikan setelah download listening bahasa inggris dan teksnya dan masih juga terasa sulit, maka langkah berikutnya adalah berusaha mendapatkan soal dan jawaban listening section tersebut beserta jawabannya. Sekali lagi dari tahun ke tahun baik test listening UNKP atau CBT kalau diperhatikan dengan seksama soal dan transkrip listening un smk hampir mirip-mirip dan sepertinya listening unbk 2018 khususnya unbk bahasa inggris smk 2018 atau yang soal un bahasa inggris smk 2019 pun mungkin tidak jauh berbeda. Penguasaan 1 tahun saja, kalau dikejakan dengan teliti dan dengan hati-hati akan mewakili semua jenis dan tahun ujian nasioanal.

Soal diatas yaitu naskah dan audio asli ujian nasional SMK tahun 2016 juga bisa dipelajari dalam bentuk video dibawah ini.

Demikianlah latihan soal listening section SMK Ujian Nasional Baik INBK atau UNKP. Dengan cara berlatih terus menerus sampai hafal betul model pertanyaan masing masing nomor, kemampuan analisa dan daya jawab kita akan meningkat dengan cepat sehingga tidak mustakhil untuk mendapatkan skor nilai tertinggi dalam Ujian Nasional listening test.
logoblog

No comments:

Post a Comment

Before publishing your comment, it will be moderated. Thank you